Pengasapan nyamuk deman berdarah Atas Permintaan Warga

Lhoksukon – Warga di Kecamatan Tanah Jambo Aye, Kabupaten Aceh Utara, meminta dinas kesehatan setempat melakukan pengasapan (fogging) di lingkungan guna pencegahan penyebaran demam berdarah.

“Kami khawatir akhir-akhir ini banyak nyamuk di lingkungan kami di Dusun II Lampoh U, Kota Pantonlabu, maka kami meminta agar ada pengasapan dari dinas terkait,” kata Isdayani, warga setempat, Senin (14/1).

Menurut dia, nyamuk bermunculan di lingkungan dalam kurun waktu tiga pekan terakhir. Atas dasar itu, pihaknya khawatir jika nyamuk itu adalah jenis demam. Pengasapan untuk membasmi jentik nyamuk.

“Terlebih sekitar sepekan terakhir, ada informasi mengenai anak-anak di desa tetangga diserang deman berdarah. Jadi, kami khawatir tentang itu karena tidak tertutup kemungkinan ada nyamuk demam berdarah di sini,” kata dia.

Senada juga diungkapkan Muzakir, warga Rawang Iteuk, Aceh Utara. Ia mengharapkan Dinas Kesehatan Aceh Utara melakukan pengasapan untuk mencegah berkembangnya nyamuk demam berdarah.

Selain pengasapan, Muzakir juga meminta dinas terkait menyosialisasikan kepada warga mengenai pencegahan berkembang biaknya nyamuk demam berdarah.

“Anak saya pernah mengalami demam berdarah dulu. Maka saya khawatir dengan nyamuk tersebut. Terlebih akhir-akhir ini banyak nyamuk bermunculan. Bukankah mencegah lebih baik dari mengobati,” kata Muzakir.

Kepala Puskesmas Tanah Jambo Aye, Aceh Utara, Ibnu Khaldun mengatakan, pihaknya akan menyahuti permintaan masyarakat tersebut dengan menyurati Dinas Kesehatan.

“Kami sudah surati ke Dinas Kesehatan agar melakukan pengasapan seperti permintaan masyarakat. Apalagi beberapa waktu lalu ada dua anak posifit demam berdarah,” kata Ibnu Khaldun. (Ant)